Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Karmila Abd. Razak Universitas Negeri Gorontalo
  • Sudirman Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Online Learning Media, Student Learning Motivation.

Abstract

This study aims determine the effect of online learning media on seventh-grade students' learning motivation in integrated social studies subjects at SMP state junior high school in Telaga, Gorontalo Regency. Furthermore, this quantitative correlational research employed a descriptive quantitative approach. Likewise, It employed primary data obtained from distributing questionnaires. The sampling in this study used the Slovin formula, with the number of samples in this study amounting to 26 respondents. The data were further analyzed by simple linear regression with SPSS 21 program. The results show that online learning media have a positive and significant effect on students' learning motivation, which means that the better the use of online learning media will increase students' learning motivation The coefficient of determination shows that as many as 74.1% of the learning facihries can explain the variability of students' learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristo, Rahadi. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta. BUMI AKSARA

Arikunto, Surhasimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta.

Rineka Cipta

Azhar, asryad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Rineka Cipta

. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Creswell, J.W. 2010. Research Desing: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogjakarta: PT. Pustaka Pelajar

Damaryanti, Nafiah, 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V A Di MI ASAS ISLAM KALIBENING Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi: Universitas Airlangga

Darmawan, Deni. 2013. Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daryanto, Gregorius. 2011. Penelitia Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: GAVA MEDIA

Dimyati dan Mojiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta

Esterberg, Kristin G. 2002. Qualitative Methods Ins Social Research. Mc Graw Hill, New York

Hamalik, Oemar 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta.: Bineka Cipta

. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Halimi Yanis. 2020. Pengaruh Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII-6 Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Universitas Gorontalo

Kusnendi, Cecep. (2013). Media Pembelajaran: Manual Dan Digital. Bogor:Ghalia Indonesia

Noho,Nurhayani,2017. pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi.Universitas Negeri Gorontalo

Prasetyo Bambang, Lina Miftahul Jannah. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif.

Jakarta : Rajawali Pers. Hlm 161

Puspitasari, Dewi. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: FAMILIA. Rusman, 2007. Model-Model Pembelajaran. Jakarta. Pt Rajagrafindo Persada.

Sadirman A.M. 2016.Internet dan Motivasi Belajar-Mengajar.Cet. IX, Jakarta:Raja grafindo Persada .Hlm 73

Seniati, Liche. 2008. Psikologi Eksperimen. Indeks Hlm 118

Sudjana, N. dan Rivai, A. (2005). Media Pengajaran. Bandung :Sinar Baru Algesindo.

Sugioyo, prof Dr. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

............................ 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

.........................2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung:Penerbit Alfabeta, Cet 20

. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung:Penerbit Alfabeta

Sultoni,Ahmad,2013. Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Ips Sma N 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi:Universtas Muhammadiyah Surakarta

Suryabrata, sumadi.2000. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hlm 70

Suryani, nunuk dan Leo Agung.2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogjakarta:Ombak

Syaiful, Wahid dan Ega. 2014. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis wibsite pada proses pembelajaran produktif di SMK. Journal of Machanical Engineering Education, Jilit 1 No 137

Uno, Hamzah,2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

………. ,2012. Motivasi belajar. Jakarta

Winkel, 2010, Psikologi Pengajaran. Jakarta. PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Internet:

Thomas Toth, 2003; Athabasca Universitas Wikipedia

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Abd. Razak, K., & Sudirman. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 42–62. Retrieved from https://journal.ypsm.or.id/index.php/jpeb/article/view/10

Most read articles by the same author(s)