Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Sudirman Universitas Negeri Gorontalo
  • Heti Setia Ningsih Rubama Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Learning Discipline, Student's Learning Outcomes

Abstract

This research aims to determine "The Effect of Learning Discipline on Students' Learning Outcomes in Economics Subject at Grade XI of Senior High School SMA Negeri 1 Telaga Biru, Gorontalo Regency". It employed a quantitative method, involving 85 students as the population and total sample; in addition, the instrument used in this study was a questionnaire. The results show that learning discipline does significantly affect students' leaming outcomes by arriving at the percentage of 75.2%. the rest 24,8% is influenced by other variables.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Budiningsih Asri. 2005. Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Clark R. 2010. The Potential Of Experiential Learning Models and Practices In Career and Technical Education and Career and Technical Teacher Education. Career and Technical Education. 25(2):1

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ekawati Shindy. 2015. Jurnal: Pengaruh Kedisiplinan Dan Aktifitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo.

Juliandi Yopi. 2014. Jurnal: Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Smas Taman Mulia. Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Lilly Dwi Wulandari dan Sri Hapsari. 2017. Jurnal Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Pada Siswa SMA Negeri 4 Depok. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Madina Sumarni. 2015. Skripsi: Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. UNG

Majid Abdul, Andayani Dian. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam.

Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Mantulangi Delsy. 2016. Skripsi: Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Sekolah SMK Almamater Telaga Kabupaten Gorontalo. UNG

Meichati Siti.1993. Psikologi Pendidikan (Terjemahan). FIP – IKIP Yogyakarta

Mooduto Nurnaningsih. 2015. Skripsi: Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN MODEL GORONTALO. UNG

Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

Mulhibbin. 2007. Hasil Belajar Siswa. Semarang

Moenir HAS. 1999. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara,

Ningsih B. M., dan Widiharto, C.A. 2014. Peningkatan Disiplin Siswa dengan Layanan Informasi Media Film. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1 (1), 79-80.

Nitisemito. 1999. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia Rahman Masykur Arif. 2011. Pentingnya Hasil Belajar. Jakarta: Rineka

Cipta

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Singgih Santoso. 2004. Mengolah Data Statistik Secara Profesional.

Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Sugiyono, 2014. Metode penelitian & pengembangan research and Develoment

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sukadji, Soetarlinah. (2000). Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah (Direvisi dan Dilengkapi). Depok : Universitas Indonesia.

Sumantri, Bambang. 2010. Jurnal Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010. Vol VI No. 3 Edisi Desember 2010

Supardi, 2014. Jurnal: Peran Kedisiplinan Belajar Dan Kecerdasan Matematis Logis Dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Indraprasta PGRI. Vol 4 No. 2 Agustus 2014

Syafrudin. 2005. Jurnal: Hubungan Antara Disiplin Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia SMA PGRI Sungguminasa Kabupaten Gowa. Edukasi. No. 2 Hal 79-85 FIP. Universitas Negeri Makasar

Yasin Yestin Mentari. 2016. Skripsi pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato. UNG

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Sudirman, & Rubama, H. S. N. (2024). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 20–41. Retrieved from https://journal.ypsm.or.id/index.php/jpeb/article/view/9

Most read articles by the same author(s)