Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Sudirman Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Wisnawati Budi Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70311/jpeb.v1i1.1

Keywords:

Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Dulupi Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan sampel sebanyak 83 siswa kelas VII, VIII dan kelas IX. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 25,2%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan terdahap hasil belajar siswa sebesar 42,4%. 3) Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 46,1%. Hasil ini mengindikasi bahwa Hasil Belajar dapat dipengaruhi oleh variable Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan sebesar 46,1% sedangkan sisanya 53,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Gerungan, W.A. 2004. Psikologi Sosial, PT. Refika Aditama, IKAPI, Bandung

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hamalik, O. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasbullah. 2015. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers

Hermawan, Hary. 2018. Metode Kuantitatif untuk roset bidang kepariwisatawan. Open Sciene Framework.

Hidayat Rais, S Ristinofa (2017) Perbedaan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dan Student Achievement Division Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 6(1), 47. http://www.jurnalpedagogika.org

Mar’Ati, Fitriatun. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke-Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Yogyakarta: Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Pambayun, Retno. 2020. Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pasraman Satya Dharma Bhakti Kabupaten Banyumas. Jurnal Penelitian dan Penjaminan Mutu Vol. 1 No. 1.

Restih. 2016. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMAN 20 Konsel. (Skripsi) Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Halu Oleo.

Rifa’1, dan Chatarina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Sari. 2014. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan dan Pengetahuan Dasar Ekonomi terhadap Rasionalis Perilaku Konsumsi. Jurnal Pendidikan Humaniora Vol.1No.1.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung:PT.Ramaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. 2015. Psikologi Pendidiakan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D dan pendidikan. bandung: Alfabeta.

Suminah. 2016. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Negeri Se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat. Semarang: Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Sunarto.2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol. 4 No. 1.

Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metedologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Syah.M. 2017. Psikologis Pendidikan Pendekatan Terbaru.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Triwidatin. 2019. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Mahasiswa Akuntansi Bogor. Jurnal Akunida Vol. 5 No. 2.

Uno, Hamzah B, dkk. 2014. Buku landasan pembelajaran (Teori & Praktek). Gorontalo Indriyani

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Sudirman, & Wisnawati Budi. (2024). Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.70311/jpeb.v1i1.1

Issue

Section

Articles