Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Sudirman Universitas Negeri Gorontalo
  • Ervina Pombaile Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Reciprocal Learning Model, RecStudent’s Learning Motivation

Abstract

The purpose of the study was to determine the influence of reciprocal learning model on student’s learning motivation in integrated social science subject in class VIII of SMP Widyakrama State Junior High School of Gorontalo Regency. This is a quantitative research that used ex post facto method, involving th entire students of class  VIII as the population as weel as the sample using total sampling technique. While the data analysis used hyotesis testing technique of simple linear regression analysis. The findings showed that the hypothesis had positive and significant effect on students’ lerning motivation. The positive coefficient indicated thaht the better the model the higher the motivation would be, obtaining 0,638 value of determinant  (63,80%). While the rest (37,20%) was influenced by other factors not examined  such as teachers’ exemplariness and teaching skill, student’ ability, students’ willingness in learning and students talents

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Awaliah, Reski, Ridwan Idris. 2015. Jurnal Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTSN Balang-balang Kecamatan Bontomarunnu Kabupaten Gowa. Vol.3 No.1

Chen, Youcheng, Deyi Kong. 2016. Jurnal An Investigation On Factors In The Integration Of Reciprocal Teaching Into Multimedia Teaching

Effendi, N. 2013. Jurnal Pendekatan Pengajaran Reciprocal Teaching Berpotensi Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Vol.2 No.1

Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Fitriani, Ulan. 2017. Jurnal Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas Xi IPS 3 SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Hamzah B Uno. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara Hamzah B. Uno. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang

Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Heraspin, Avisha. 2018. Jurnal Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas IV

Huda, Miftahul. (2018). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jum’ati, Yaumal. 2016. Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Metode Reciprocal Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Tinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Di SMP Trunojoyo Cakru Kencong Jember

Ketong, Sriyani, Burhanuddin, dan Wahyu Kurniati Asri. 2018. Jurnal Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Vol : 2 No: 1

Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya

Lisnawati, S. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Sramble Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas III SDIT Al-Madinah Cibinong Bogor

Masliza. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Kelas IV₁ Min Tungkob Aceh Besar

Munggaran, Dhea Putri. 2016. Pembelajaran Mengidentifikasi Kesalahan Morfologis PadabTeks Pidato Dengan Menggunakan Model Reciprocal Learning Pada Siswa Kelas X SMA Pasundan 2 Cimahi Tahun Pelajaran 2015/2016

Muslimin. 2017. Jurnal Pembelajaran Matematika Dengan Model Reciprocal Teaching Untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa Kelas VIII SMP. Vol.11 No.1

Noviyanti. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih

Nuraini, Fitriani dan Raudhatul Fadhilah. 2018. Jurnal Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Vol.6 No.1

Panjaitan, Ayanana A. 2015. Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Lumban Julu Tahun Pembelajaran 2014/2015

Rachmayani, Dwi. 2014. Jurnal Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Vol: 2 No: 1

Rifa’i. 2015. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press

Sardiman. 2014. Interaksi &Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sakban, Nurmal dan Ridwan. 2019. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia. Vol.2, No.1

Sardiyati, Ria. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa

Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan (Teori dan Praktik). Jakarta: Indeks. Sugiyono . 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Surono. 2017. Jurnal Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Susanti. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kingdom Plantae Kelas X SMA Negeri 3 Tanjung Raja

Taran, Mariana. 2018. Jurnal Penerapan Model Reciprocal Learning Untuk Meningkatkan Nilai Siswa Dalam Mempelajari Fungsi Pajak Di SMPN 1 Simpang Tiga. Vol : 10 No: 2

Widiarti, Endah. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial Di SMA Negeri 2 Banguntapan, Bantul

Wulandari, Esti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Materi Kegiatan Pokok Ekonomi Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII F Di SMP Negeri 2 Ngemplak Sleman

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Sudirman, & Pombaile, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 1–19. Retrieved from https://journal.ypsm.or.id/index.php/jpeb/article/view/8

Most read articles by the same author(s)