Kinerja Kepala Desa Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat

Authors

  • Sudirman Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Zainudin Tantuka Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70311/jpeb.v1i1.2

Keywords:

Kinerja Kepala Desa, Tingkat kesejahteraan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kinerja Kepala Desa Terhadap tingkat kesejahteraan Masyarakat di Desa Sejoli Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada Masyarakat di Desa Sejoli Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong. Penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 20% dari jumlah populasi  dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik Stratified random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 26.  Hasil penelitian menunjukan Kinerja Kepala Desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kesejahteraan Masyarakat, yang berarti semakin baik Kinerja Kepala Desa yang dilakukan maka akan meningkatkan kesejahteraan Masyarakat, Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 22%. yang berarti variabilitas tingkat kesejahteraan masyarakat dapat dijelaskan oleh Kinerja kepala desa sebesar 22%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Adawiyah, R., & Siswanto, S. (2015). Stres kerja, pengaruhnya terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. El Dinar, 3(1).

Alwi, W., & Hasrul, M. (2018). Analisis Klaster Untuk Pengelompokkan Kabupaten/Kota Di Provinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat. Jurnal MSA (Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya), 6(1), 35.

Astuti, sidharta adyatama dan ellyn normelani. (2017). Pemetaan tingkat kesejahteraan keluarga di kecamatan banjarmasin selatan. Banjarmasin : pendidikan geografi universitas lambung mangkurat. Jurnal pendidikan geografi Vol. 4 No.2. e-ISSN :2356-5225

Azzahra, S. (2018). Peranan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kesejahteraan Sosial dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia pekerja sosial: Penelitian di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Fauzi, M. I., & Akbar, M. (2020). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan. Administraus, 4(1), 173-208.

Irsandi, M. R. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation, Universitas Dharmawangsa).

Mustakim, M. Z. (2015). Kepemimpinan Desa. Jakarta, Kementerian Desa PDTT RI.

Nur Rohman, R. H. I. (2019). Peningkatan kesejahteraan masyarakat berbasis kearifan lokal di Pasar Kuna Lereng Desa Petir Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Nukuhehe, H. A. Z. (2013). Kinerja Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Dan Pembangunan Desa (Studi di Desa Seith Kabupaten Maluku Tengah) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Pathony, T. (2019). Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kabupaten Subang. International Journal of Demos, 1(2), 262-289.

Puspitawati, H. (2015). Kajian Akademik Pengertian Kesejahteraan dan Ketahanan Keluarga. Bogor: Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.

Rosni, R. (2017). Analisis tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan di desa dahari selebar kecamatan talawi kabupaten batubara. Jurnal Geografi, 9(1), 53-66.

Rahmat, H. K., Banjarhanor, J., Ma'rufah, N., & Widana, I. D. K. K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 91-107.

Rahmawati, S. (2020). Fakto-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pembangunan Di Desa Tandun Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Rosni, R. (2017). Analisis tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan di desa dahari selebar kecamatan talawi kabupaten batubara. Jurnal Geografi, 9(1), 53-66.

Soebadi, I., Rompas, W., & Plangiten, N. (2018). Pengaruh Kinerja Kepala Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Tounelet Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 4(57).

Supihati, S. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Karyawan perusahaan Sari Jati di Sragen. Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 12(01), 115677.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke). Bandung: CV Alfabeta.

........... (2016). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

……….(2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Sudibyo, H. (2018, November). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Publikasi Ilmiah Di SMP Kabupaten Pekalongan. In Seminar Nasional Bimbingan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 19-21).

Statistik, B. P. (2012). Perkembangan beberapa indikator utama sosial-ekonomi Indonesia. Jakarta. Katalog BPS/BPS Catalogue, 3101015.

Tetepa, B. (2016). Kewenangan Kepala Desa Dalam Melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Studi di Desa Sailal dan Desa Buli, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara). Lex Privatum, 4(8).

Yulianto, T. (2016). Kinerja Kepala Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Tegalmelati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Sudirman, & Zainudin Tantuka. (2024). Kinerja Kepala Desa Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 18–31. https://doi.org/10.70311/jpeb.v1i1.2

Issue

Section

Articles