Lingkungan Impact Terhadap Disiplin Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.70311/jpeb.v1i1.5Keywords:
lingkungan, displin belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post fakto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo yang berjumlah 51 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuesioner dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap disiplin belajar dengan koefisien determinasi sebesar 0.177 atau 17.7%. sisanya 82.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak didesain pada penelitian ini.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi 2016 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan : Jakarta : Rineka Cipta
Chulsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di Sma Negeri 7 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 5. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p5-20
Darmadi. 2017. Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa.Yogyakarta: CV Budi Utama
Danim, Sudarwan. (2013). Pengantara Kependidikan. Bandung : ALFABETA
Jessicasari, A., & Hartati, S. C. Y. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Studi pada kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(03), 661–666. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php-pendidikan-jasmani/issue/archive
Jhonson, & Selvina, M. (2018). Pengaruh lingkungan belajar dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS. 8(September), 19–33.
Kadir, Abdul et.al. 2012. Dasar-dasar pendidikan. Jakarta: Kencana
Kurniawan, Wisnu A ditiya. 2018. Budaya Tata Tertib Di Sekolah. Jawa Barat: CV Jejak
Marbun, Stefanus. 2018. Psikologi Pendidikan. Sidoharjo: Uwais Inspirasi Indonesia
Mariyana, Rita et.al. 2013. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: KENCANA
Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Peserta Dididk. Pontianak: Yudha English Galeri
Pratomo, Anistya Wulandari, Liftiah & Dahriyanto, L. F. (2014). Intuisi Jurnal Ilmiah Psikologi. Intuisi. (JURNAL ILMIAH PSIKOLOGI), 6 No 2(1), 74–78.
Riduwan, 2011. Pengantar Statistika. Bandung: CV. Alfabeta
Santoso, Singgih. 2012. Analisis SPSS Pada Statistik Parametrik. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo
Setiyaningsih, W., & Rustiana, A. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Disiplin Belajar. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 72–76.
Sugiono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sugiono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sugiono, (2016). Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung
Sakban, S., Nurmal, I., & Bin Ridwan, R. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT),2(1),93-104.,2,93–104. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v2i1.721
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tinsiawati Ismail, Sudirman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.