Lingkungan Impact Terhadap Disiplin Belajar Siswa

Authors

  • Tinsiawati Ismail Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Sudirman Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70311/jpeb.v1i1.5

Keywords:

lingkungan, displin belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post fakto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo yang berjumlah 51 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuesioner dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap disiplin belajar dengan koefisien determinasi sebesar 0.177 atau 17.7%. sisanya 82.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak didesain pada penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi 2016 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan : Jakarta : Rineka Cipta

Chulsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di Sma Negeri 7 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 5. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p5-20

Darmadi. 2017. Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa.Yogyakarta: CV Budi Utama

Danim, Sudarwan. (2013). Pengantara Kependidikan. Bandung : ALFABETA

Jessicasari, A., & Hartati, S. C. Y. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Studi pada kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(03), 661–666. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php-pendidikan-jasmani/issue/archive

Jhonson, & Selvina, M. (2018). Pengaruh lingkungan belajar dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS. 8(September), 19–33.

Kadir, Abdul et.al. 2012. Dasar-dasar pendidikan. Jakarta: Kencana

Kurniawan, Wisnu A ditiya. 2018. Budaya Tata Tertib Di Sekolah. Jawa Barat: CV Jejak

Marbun, Stefanus. 2018. Psikologi Pendidikan. Sidoharjo: Uwais Inspirasi Indonesia

Mariyana, Rita et.al. 2013. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: KENCANA

Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Peserta Dididk. Pontianak: Yudha English Galeri

Pratomo, Anistya Wulandari, Liftiah & Dahriyanto, L. F. (2014). Intuisi Jurnal Ilmiah Psikologi. Intuisi. (JURNAL ILMIAH PSIKOLOGI), 6 No 2(1), 74–78.

Riduwan, 2011. Pengantar Statistika. Bandung: CV. Alfabeta

Santoso, Singgih. 2012. Analisis SPSS Pada Statistik Parametrik. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo

Setiyaningsih, W., & Rustiana, A. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Disiplin Belajar. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 72–76.

Sugiono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiono, (2016). Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung

Sakban, S., Nurmal, I., & Bin Ridwan, R. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT),2(1),93-104.,2,93–104. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v2i1.721

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Tinsiawati Ismail, & Sudirman. (2024). Lingkungan Impact Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 51–62. https://doi.org/10.70311/jpeb.v1i1.5

Issue

Section

Articles