Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Andriani Marshanda Umar Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Sudirman Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Pengelolaan Kelas, Aktivitas Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuantitatif  korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 44 Orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa dengan koefisien determinasi sebesar 0,238 atau 23,8%, sisanya 76,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzih, Hayi (2019). Penerapan Game Kahoot dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI materi Iman Kepada Rosul Allah: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII A di SMP Karya Budi Cileunyi Bandung.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Bumi Aksara

Mei Asmaradewi, (2017). Hubungan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.

Merry Handani Marpaug, (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IIIB SD Negeri 13/I Rengas Condong.

Majid, Abdul. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Pidarta, Made. (2014). Landasan Kependidikan, Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Reneka Cipta.

Rusdiana, (2015). Pengelolaan Pendidikan. CV Pustaka Setia, Bandung.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

(2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Usman, Moh.Uzer. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Andriani Marshanda Umar, & Sudirman. (2024). Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kabupaten Gorontalo . Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 32–40. Retrieved from https://journal.ypsm.or.id/index.php/jpeb/article/view/3

Issue

Section

Articles