Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kabupaten Gorontalo
Keywords:
Pengelolaan Kelas, Aktivitas Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 44 Orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa dengan koefisien determinasi sebesar 0,238 atau 23,8%, sisanya 76,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauzih, Hayi (2019). Penerapan Game Kahoot dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI materi Iman Kepada Rosul Allah: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII A di SMP Karya Budi Cileunyi Bandung.
Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Bumi Aksara
Mei Asmaradewi, (2017). Hubungan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.
Merry Handani Marpaug, (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IIIB SD Negeri 13/I Rengas Condong.
Majid, Abdul. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pidarta, Made. (2014). Landasan Kependidikan, Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Reneka Cipta.
Rusdiana, (2015). Pengelolaan Pendidikan. CV Pustaka Setia, Bandung.
Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
(2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Usman, Moh.Uzer. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andriani Marshanda Umar, Sudirman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.