Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Debrila Paudi Universitas Negeri Gorontalo
  • Sudirman Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Recitation Method, Students' Learning Outcomes

Abstract

This study aims to determine the effect of the recitation method implementation on student learning outcomes in social studies subjects for 8th grade at SMP 1 State Junior High School in Telaga, Gorontalo Regency. The study used a quantitative correlational method with a descriptive quantitative approach and obtained the required data from distributing questionnaires to 8th-grade students who learned the social science subject in the said school. As for the sample, 15% of the total population, numbered 40 respondents, were selected with a random sampling technique. Simple linear regression analysis was used as the data analysis method, which was also aided by the SPSS 21 program. The results showed that the recitation method brought upon a positive and significant effect on student learning outcomes, which means that the better the recitation method used, the better student learning outcomes. The coefficient of determination is 74.5%, which means that the variability of student learning outcomes can be explained by the recitation learning method of 74.5%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Yusuf, Dedy. (2016). ”Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. Jurnal SAP. Volume 1. No(2).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Bumi Aksara

Darmadi, Hamid. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2015. “Strategi Belajar Mengajar”.

Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Pt Bumi Aksara

Hendra. 2018. “Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi Eksperimen di kelas XI MAN 1 Kota Serang)”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Ismail, Moh. Noer, Hadi, M., dan Sunaiyah, Salma.(2017). ”Metode Penugasan Dalam Pembelajaran PAI”.jurnal eDudeena,Volume 1. No(2).

Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Majid, Abdul. 2017. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Marpaung, Junierissa.(2016). “Pengaruh Penerapan Metode Ceramah Plus dengan Metode Resitasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan Batam”.Jurnal Kopasta, Volume 3 No(2).

Maryam, Siti, Triwoelandari,Retno dan Nawawi, Khololi. (2018). “Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Bogor”. Jurnal Mitra pendidikan (JMP Online). Volume 2 No (11).

Nafistanti, Ardiani. (2015). “Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi, sumber belajar dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Pelita Nusantara 1 Semarang”. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

N.K, Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Okiawan, Ingga. (2020). “Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Mesuji Raya Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatra Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) Instutit Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Pertiwi, Putri, Rahma. (2018). “Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Sman 13 Padang”.

Journal of Education on Social Science. Volume 2. No(2).

Syofyan, Harlinda. (2015). “Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Metode Resitasi Di SD Al Azhar SYIFA Budi Jakarta Selatan.

Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 6. No(1).

Syah, Muhibbin 2017. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar”.Jakarta: Kencana

Sumiati dan Asra. 2019. ”Metode Pembelajaran. Bandung: Cv Wacana Prima Sudjana, Nana. (2013). “Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sari, Alfiana, Sinta dan Dewi, Anggia Tiara. (2019). “Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII Semester Genap Smp Negeri 1 Trimurjo” E-ISSN. Volume 7. No(1)

Sagala. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain, 1996. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan Pertama. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

............... (2016). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

............... (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Tambak, Syahraini. 2014 Metode Ilmiah dan Inovatif Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.

Usman Moonti, Agil Bahsoan, A. M. G. (2021). Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. 3(1), 2.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Paudi, D., & Sudirman. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 63–80. Retrieved from https://journal.ypsm.or.id/index.php/jpeb/article/view/11

Most read articles by the same author(s)