Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 3 Paguyaman

Authors

  • Sri Indrawati Daud Universitas Negeri Gorontalo
  • Frahma Bumulo Universitas Negeri Gorontalo
  • Ardiansyah Universitas Negeri Gorontalo
  • Meyko Panigoro Universitas Negeri Gorontalo
  • Sudirman Sudirman Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Role Playing, Hasil Belajar

Abstract

The purpose of this research is to determine whether there is any effect of the Role Playing Learning Model on Student Learning Outcomes in Social Science for Class VII at SMP 3 Paguyaman.This is a descriptive quantitative research with a sample size of 34. The instrument used was a questionnaire,and data analysis technique used was simple linear regression analysis. Based on the data analysis results,it was found that there is a significant effect of the Role-Playing Learning Model on Student Learning Outcomes at 37.1%, while the remaining 62.9% was affected by other variables not studied in this research.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifi. (2017). Pengaruh Penerapan Model Role Playing Terhadap Keterampilan dalam Berbicara Pada Pembelajaran Terpadu di Kelas IV SD Negeri 2 Sukoharjo II. Lampung: Universitas Negeri Lampung.

Ariwitari dkk. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kelas V SD Gugus 1 Tampaksirin”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1)

Aqif, Zainal. (2013). Model – Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Ivovatif). Bandung: Yrama Widya

Basri. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang”. Jurnal Pendidikan, 1 (1).

Bilantua, A., Panigoro, M., & Bahsoan, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Tomilito Tomilito Gorontalo Utara. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(1), 427-448.

B. Uno, Hamzah. (2007). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.

Dalyono. (1997). Psikologi Pendidkan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi TR,dkk. (2017) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas V Gugus III Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2016/2017, E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol:5 No:2.

Djamarah dan Zain. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Eliska, Fitriana . (2018). “Pengaruh Strategi Role Playing Terhadap hasil belajar ips kelas V di MI Al-Khairiyah Kangkung Bandar Lampung.

Kristin, Firosalia. (2018) “Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips”, Jurnal Refleksi Edukatika.

Kurniasih, Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Meliyana, A., Arham, A., Panigoro, M., Hafid, R., Hasiru, R., Sudirman, S., & Dama, M. N. (2023). Pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 26-33.

Nafi’ah, Siti Anisatun. (2018). Model – Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Aruz Media.

Nawawi dalam K. Brahim. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana

Sabri, M. Alisuf. (2010). Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sha’adah dkk (2013). “Penerapan Model Role Playing (Bermain Peran) Untuk Mengurangi Kselahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII A SMPN 1 Sukowono Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013”. Kaditma, 4 (2).

Shaftel. DKK. (2007). Role Playing For Socal Value: Decision Making In The Social Studies. Jakarta: BPK Gubung Mulia. 190

Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Premada Media Group.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Persada Media Group.

Sugiono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Tarigan. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPS Kelas III SD No 13 Lubuk Kebang Sari Kecamatan Ukui. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidkan. Universitas Riau, 5 (3).

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Daud, S. I., Bumulo, F., Ardiansyah, Panigoro, M., & Sudirman, S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 3 Paguyaman. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 101–120. Retrieved from https://journal.ypsm.or.id/index.php/jpeb/article/view/27

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.