Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa
Keywords:
Parents Economic lovel, students learning OutcomesAbstract
This study aims to determine the influence of parents’economic level on students’learning outcomes at SMP Negeri 1 Batudaa. The source of data is primary data. The data collection technique is through the distribution of questionnaires. The study populations are 74 students who are directly involved in arranging the report. The samples are 74 students or the entire population, so this research is population research. The data are analyzed using simple linear regression. The results show that the regression value and the results of hypothesis testing positively influance parents’economic level on students’learning outcomes at SMP Negeri 1 Batudaa. The influence of the economic level on learning outcomes is 56,40% and the remaining 43,60% isfluenced by variables that are not studied.
Downloads
References
Abdullah Idi (2013:18) social pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo persada
Aminudin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru
Arikonto, suharsimi 2013:174. Prosedur Penelitian. Jakarta: RinetaCipta.
Darmawan , D dan permasih, 2013. Kurikulum & pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers
Fathurrohman, M. & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran : Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Hamdani,2011:139-146 starategi belajar mengajar bandung: pustaka setia
Haryati puluhulawa (2021) “pengetahuan tingkat ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ips Terpadu kelas VII di Smp Negeri 8 Kota Gorontalo” Skripsi
https://core.ac.uk/search?q=jurnal%20hasil%20belajar%2017&from_year=2022
https://scholar.google.co.id/scholar?=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+tingkat+ekonomi+orang+tua&oq=#dgs_qabs&u=%23p%3DQLvnprBvILsj. Diakses pada Januari 2022 jam 14.27
Istriani, Dkk 2015:19 ‘ensiklopedia pendidikan” media persada.
Kapinga, O.S. (2014). The impact of parantel socioeconomic status on students’ Academic Achievement in Secondary Schools In Tanzania. Internasional Journal of education, 6(4), 120
Kartiko, ones Anding? (2013). Pengaruh pendapatan orang tua terhadap peningkatan presetasi belajar siswa kelas X di Smk N 2 Jiwan Kabupaten Madiun Tahun 2011/1012. Equilibrium. 1 (2) : 174-179
Ketut Sudarsana (2018) “Implikasi Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi dan hasil belajar siswa: Skripsi.
Lilies Nur Chotimah “pengaruh status social ekonomi orang tua terhadap presentasi belajar siswa kelas VII Smp Negeri 1 Jember Tahun ajaran 2016/2017” dalam jurnal fakultas keguruan dan ilmu pendidikan dalam UNEJ 11, no 1 (2017): 76
Lilies Saputri Ginoga (2021) “ meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Togerher pada mata Pembelajaran Ekonomi dan Bisnis dikelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Kota Gorontalo”. Skripsi
Muhsin, L,B, Sukib dan Laksmiwati, D, 2019 Pengaruh model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpikir bicara menulis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia materi kloid. Jurnal Chemistry Education Practice 2 (2): 36:43
Prabawa , K. A., Dunia, I. K & Haris, I. A. (2014) Pengaruh social ekonomi dan perhatian orang tua terhadap presentasi balajar Ekonomi Siswa Kelas X4. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1)
Rahayu, Rafika Gusti (2021) Pengaruh Tingkat pendidikan Orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa di SDN 05 Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Skripsi IAIN Bengkulu
Soeparwoto dkk, 2012. Psikologi perkembangan. Semarang: UPT MKK UNNES
Soetninigsih, D. S. A. K. (2011:16). Tumbuh kembang Anak. Jakarta: EGC Medical Book Store.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung Remaja Rosdakrya Offset
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 nurain hasan, Sudirman Sudirman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.